Kamis, 18 Agustus 2011

SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PADA PERINGATAN KE-50

SAMBUTAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PADA PERINGATAN KE-50 HARI PRAMUKA Jakarta, 14 Agustus 2011 


Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua.

Para Tamu Undangan dan hadirin sekalian yang saya muliakan, Adik-adik Pramuka dan para Peserta Upacara yang saya cintai dan saya banggakan, Salam Pramuka!

Hari ini, dengan penuh rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, kita dapat menghadiri peringatan Tahun Emas Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Pada hari yang bersejarah ini, selaku Kepala Negara dan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, saya ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-50 Gerakan Pramuka, Kepada keluarga besar Gerakan Pramuka di seluruh tanah air.

Semoga peringatan setengah abad Gerakan Pramuka ini, dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peran dan aktivitas Gerakan Pramuka dalam membangun tunas-tunas muda yang tangguh, mandiri, berdaya saing, serta memiliki karakter dan jati diri yang kukuh.

Hadirin yang saya muliakan,
”Satu Pramuka untuk Satu Indonesia; Jayalah Indonesia”, yang menjadi tema besar setengah abad Gerakan Pramuka, saya nilai penting dan bersejarah. Tepat 50 tahun yang lalu, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 yang memersatukan berbagai gerakan kepanduan, baik yang berbasis etnis maupun agama kedalam wadah Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, menumbuhkan semangat jiwa patriotik dan jiwa bela negara, berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka.

Sejarah mencatat dengan tinta emas, peran penting dan strategis Gerakan Pramuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sejak zaman kolonial hingga saat ini. Pada masa-masa awal kebangkitan nasional, di era pergerakan nasional tahun 1920-an, para anggota Pramuka atau kepanduan ketika itu, ikut serta dalam membangkitkan semangat kebangsaan, dan berperan aktif dalam menggalang semangat persatuan. Di masa perang kemerdekaan, para anggota Kepanduan ikut serta dalam menggelorakan semangat bela negara.

Di era mengisi kemerdekaan dengan berbagai aktivitas pembangunan, Gerakan Pramuka mengambil peran besar sebagai wadah pendidikan karakter, untuk menyemai tunas-tunas muda menjadi pemimpin bangsa masa depan. Gerakan Pramuka selalu relevan dengan perkembangan zaman. Gerakan Pramuka, dengan banyak aktivitas positif di dalamnya, memiliki peran konstruktif dalam mencetak generasi muda yang berkarakter kuat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Mengapa pembangunan karakter sangat penting bagi generasi muda kita saat ini dan ke depan?

Negara kita yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke, didirikan dengan pengorbanan yang amat besar dari para pendahulu kita yang memiliki karakter pejuang. Karakter yang mampu mengikat berbagai suku bangsa, adat istiadat, dan ragam budaya dengan rasa kebangsaaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan, Bangsa Indonesia.

Bangsa kita dapat tegak berdiri, karena karakter pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa kita tidak pernah mengenal kata menyerah, apakah itu melawan penjajahan, melawan ketidakadilan, melawan kemiskinan, serta meng-hadapi berbagai bencana alam dan tantangan-tantangan krisis.

Berpuluh-puluh tahun, pada hakikatnya kita dapat memelihara persatuan dan kebersamaan kita sebagai bangsa. Meskipun selalu ada tantangan dan ujian sejarah, bangsa kita tetap rukun dan bersatu, karena kita memiliki karakter dan jati diri bangsa yang berdasarkan Pancasila.

Ingat, sesungguhnya kita adalah bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang ramah dan toleran. Bangsa yang selalu guyub dan bergotong royong, penuh tenggang rasa, dan tepo saliro dalam hubungan kekerabatan yang tinggi. Itulah karakter bangsa kita yang luhur. Karakter yang harus terus kita gelorakan kepada generasi muda bangsa kita saat ini dan generasi mendatang. Karakter yang harus tetap kita jaga, dan tidak boleh berubah serta mengalami erosi.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Mengingat pentingnya Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang mampu mencetak generasi muda yang memiliki karakter, jati diri, daya saing, dan ahlak mulia, saya terus mendorong agar Gerakan Pramuka melakukan revitalisasi. Melalui revitalisasi Gerakan Pramuka, kita ingin meningkatkan fungsi, dan ingin terus memantap-kan eksistensi Gerakan Pramuka.

Revitalisasi Gerakan Pramuka kita arahkan untuk mencetak para anggotanya menjadi generasi yang memiliki kepribadian yang tangguh dan luhur budi pekertinya. Generasi muda yang cerdas dan trampil. Generasi muda yang rukun dan kompak bersatu dengan semua warga bangsa.

Hasilnya sungguh menggembirakan. Dalam peringatan tahun emas Gerakan Pramuka, Revitalisasi Gerakan Pramuka telah mengalami kemajuan yang cukup berarti. Gerakan Pramuka telah dijadikan sebagai salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan nasional. Pendidikan kepramukaan telah diajarkan kepada seluruh kaum muda kita. Gerakan Pramuka, juga telah menjadi organisasi yang menarik seluruh elemen masyarakat, untuk merapatkan barisan dalam menuju cita-cita bangsa yang mulia.

Revitalisasi Gerakan Pramuka, secara bertahap, juga telah memperbaiki citra dan kinerja Gerakan Pramuka. Minat kaum muda kita terhadap Gerakan Pramuka, semakin meningkat. Gerakan Pramuka saat ini, makin diperhitungkan sebagai sarana pembelajaran, serta untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak yang mulia.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Dari apa yang saya kemukakan tadi, sesungguhnya telah cukup banyak dorongan, dukungan, dan fasilitas yang disediakan pemerintah untuk memajukan dan menumbuh-kembangkan Gerakan Pramuka. Saat ini, menjadi kewajiban bagi kita semua untuk dapat memanfaatkan fasilitas dan dukungan yang telah disediakan itu dengan sebaik-baiknya.

Mari kita perkuat organisasi dan manajemen kepramukaan dengan tepat dan benar. Mari kita mantapkan peran Gugus Depan sebagai tempat pendidikan anggota muda, dan pusat pelatihan sebagai tempat pendidikan bagi anggota dewasa. Ciptakan terobosan dan inovasi untuk menghadirkan aktivitas pendidikan kepramukaan yang lebih berbobot dan berkualitas. Kedepankan materi yang berkaitan dengan peningkatan semangat bela negara, patriotisme pembangunan, dan perekat keutuhan bangsa, serta upaya untuk mencetak generasi muda yang makin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hadirin sekalian yang saya muliakan,
Sebelum mengakhiri sambutan ini, pada hari yang bersejarah dan penuh berkah ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang telah berhasil sukses melakukan revitaliasi Gerakan Pamuka; berhasil mendorong terbitnya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka; sukses mengembangkan dan meningkatkan kualitas Gugus Depan di 320.000 Gugus Depan di seluruh pelosok tanah air; sukses melaksanakan Jambore Nasional di Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan; dan sukses mengemban tugas negara menjadi duta bangsa pada jambore internasional di Bumi Perkemahan Rinkaby, Kristianstad-Swedia.

Kepada para penerima penghargaan Lencana Gerakan Pramuka, saya ucapkan selamat dan penghargaan yang tulus atas jasa-jasa dan pengabdian saudara, dalam mengembangkan Gerakan Pramuka di seluruh tanah air.

Akhirnya, marilah kita lanjutkan semua keberhasilan yang telah kita raih, dan marilah kita menatap ke depan dengan langkah tegap untuk meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan. Perjuangan untuk menjadikan bangsa kita, sebagai bangsa yang maju, terhormat, dan bermartabat.

Satu Pramuka untuk Satu Indonesia,
Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia!
Dirgahayu 50 Tahun Gerakan Pramuka.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Pramuka,

 




Artikel Terkait:

0 komentar: